SIMPLE ALGEBRAIC OPERATION

8:37 AM 2 Comments
We already knew about arithmetical operation of addition, subtraction, multiplication, division and exponentiation on integer and frcation.

Example 1:

1. Find the result of the following addition and subtraction!
a. -19 + 7
b. 18 - 5
c. -23 - 7

2. Find the result of the following multiplication and division!
a. 7 x (-19)
b. -11 x 20
c. 14 x -89

These subject as foundation for understanding  about algebraic expression operation, include simplify an algebraic expression.

Example 2:
Simplify the following expression!
a. 4x + 6x
b. 7y - 2y
c. 8c + 9b - 5b - 4c
d. 5p - 4q - 3q + 7p

Answer:
a. 10x
b. 5y
c. 4b+4c
d. 12p -7q


APLIKASI PENJUALAN NOTEBOOK DENGAN JAVA

6:47 AM 4 Comments
APLIKASI PENJUALAN NOTEBOOK DENGAN JAVA



Aplikasi ini sebetulnya sudah lama saya simpan, baru kali ini saya bagi-bagi di blog saya.



silahkan download di sini

PERBEDAAN STATIC DAN BUKAN STATIC PADA JAVA

1:09 AM 4 Comments
PERBEDAAN STATIC DAN BUKAN STATIC PADA JAVA



Apabila ada kata kunci static pada variable atau method maka variabel atau method tersebut dapat dipanggil dan diberi nilai dengan membuat objek tanpa instan class.

Contohnya yang bukan static method:
public class MataKuliah {
String nama;
  int sks;
   void tampil() {

    System.out.println("Nama MatKul :"  + nama);
    System.out.println("SKS :" + sks );
  }
}

public class Tampilkan {
public static void main (String [] args) {
    //harus dibuat instan class
MataKuliah matkul = new MataKuliah();
    matkul.nama = "Matematika Diskrit";
    matkul.sks = 2;
    matkul. tampil();


  }
}


Contoh yang static method:

public class MataKuliah {

    static void tampil(String nama,int sks) {
    System.out.println("Nama MatKul : "  + nama);
    System.out.println("SKS :" + sks );
  }
}

public class Tampilkan {
public static void main (String [] args) {
//tanpa membuat instan class, langsung memanggil method-nya
    MataKuliah.tampil("Matematika Diskrit", 2);

  }
}

KONSTRUKTOR PADA JAVA

9:01 AM Add Comment
KONSTRUKTOR PADA JAVA

Konstruktor adalah salah satu method yang ditujukan untuk memberi nilai awal pada saat object dibuat dan dipanggil secara otomatis ketika membuat instan class.

Nama konstruktor sama dengan nama class-nya dan tidak ada kata void.

Contohnya:
//Buat class baru bernama Laptop.
public class Laptop {

 int tahunBuat;
        String processor;

 //konstruktor Laptop
        public Laptop(int tahunBuat,String processor){
  this.processor = processor ;
  this.tahunBuat = tahunBuat;
 }
 public void keterangan(){
            System.out.println("Processor: " + this.processor);
   System.out.println("Buatan Tahun: " + this.tahunBuat);

 }
}

kemudian jalankan dengan class baru LaptopKonstruktor

public class LaptopKonstruktor{
 public static void main(String[] args){
  //dipanggil secara otomatis pada instan class dan langsung diberi nilai
Laptop laptopku = new Laptop(2010, Chore Dua);
  laptopku.keterangan();
 }
}


:)

PERNYATAAN FOR DENGAN JAVA

8:31 PM Add Comment
PERNYATAAN FOR DENGAN JAVA



Pernyataan for kadang-kadang disebut juga for loop, karena sering dipakai untuk proses pengulangan (looping). Contoh kode 1:
public class PernyataanFOR {
public static void main(String[] args){
 for(int i=1; i<=100; i=i+5){
 System.out.println(i);
 } } }

kalau dijalankan maka muncul angka dari 1 sampai 100 dengan bertambah 5
1
6
11
16
21
26
31
36
41
46
51
56
61
66
71
76
81
86
91
96

Contoh kode 2:
public class PernyataanFOR {
public static void main(String[] args){
 for(int i=1; i<=100; ++i){
 System.out.println(i);
 } } }

kalau dijalankan maka muncul angka dari 1 sampai 100 dengan bertambah 1
1
2
3
4
5
6
... dst
100

APLIKASI RESTORAN DENGAN PERNYATAAN SWITCH PADA JAVA

8:34 AM 2 Comments
APLIKASI RESTORAN DENGAN PERNYATAAN SWITCH  PADA JAVA




Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Pernyataan Switch.

Langsung saja, ini codenya :
Apabila dijalankan, maka


Daftar Menu:  1. Nasi Goreng  2. Nasi Rawon   3. Nasi Gudeg   4.  Jus Jeruk     5.  Hitung Total  6. Keluar aplikasi  
Pilih menu nomor berapa ? atau pilih 6 untuk keluar dari aplikasi ini .......
contohnya ketik 4 maka keluar

Anda pilih menu Jus Jeruk      Harganya Rp 15.000,-

ketik lagi  3 maka keluar

Anda pilih menu Nasi Gudeg      Harganya Rp 15.000,-

ketik lagi 5 untuk hitung total, maka keluar

Tunggu, akan dihitung dulu ...   Jumlah yang harus dibayar adalah = 30000

atau ditambahkan sedikit kata-kata Gak boleh ngutang ya :)

PERNYATAAN SWITCH DENGAN JAVA

1:24 AM Add Comment
PERNYATAAN SWITCH DENGAN JAVA

Salah satu cara untuk mengontrol alur dari program adalah dengan pernyataan SWITCH. Pernyataan SWITCH memberikan kita pilihan pada range nilai dari variabel. Ini dapat digunakan untuk mengganti pernyataan if ... else if untuk pilihan yang lebih panjang dan kompleks.

Contohnya :

public class pernyataan SWITCH{
public static void main(String[] args){
int pilihan = 2;
switch(pilihan){
     case 1:
System.out.println("Soto Ayam");
break;
     case 2:
System.out.println("Gule Kambing");
break;
     case 3:
System.out.println("Nasi Goreng");
break;
     default:
System.out.println("Silakan Pilih 1, 2 atau 3");
}
}
}

Kode ini kalau dijalankan akan mencetak Gule Kambing, karena variabel pilihan = 2.

Apabila variabel pilihan dimasukkan setelah dijalankan, maka menggunakan Scanner Input, seperti


import java.util.Scanner;
public class pernyataan SWITCHUsingScanner {
public static void main(String[] args){
int pilihan;
                System.out.print("Daftar Menu:  1.Soto Ayam"+" 2.Gule Kambing"+"3.Nasi Goreng ");
                Scanner input = new Scanner(System.in);
    System.out.print("    Pilih menu nomor berapa ?  ");
                pilihan = input.nextInt();
switch(pilihan){
     case 1:
System.out.println("Menu yang anda pilih adalah Soto Ayam");
break;
     case 2:
System.out.println("Menu yang anda pilih adalah Gule Kambing");
break;
     case 3:
System.out.println("Menu yang anda pilih adalah Nasi Goreng");
break;
     default:
System.out.println("Menu kami hanya ada 3 pilihan. Silahkan pilih lagi.");
}
}
}


Kode ini apabila dijalankan, akan muncul:

Pilih menu nomor berapa ?

masukkan 3 misalnya

maka akan muncul

Nasi Goreng.


Penggunaan pernyataan SWITCH dapat digunakan untuk pilihan yang lebih kompleks seperti menghitung jumlah hari dalam bulan.

Semoga bermanfaat.  :)  :D

MENGHITUNG JUMLAH HARI DALAM BULAN DENGAN JAVA

8:25 AM 4 Comments
MENGHITUNG JUMLAH HARI DALAM BULAN DENGAN JAVA


import java.util.Scanner;
public class JumlahHariDalamBulan {
public static void main(String[] args){
int hari;
int bulan;
int tahun;
System.out.print("Bulan berapa yang anda mau ? ... ");
Scanner input = new Scanner(System.in);
bulan = input.nextInt();
System.out.print("Tahun berapa yang anda mau ? ... ");
tahun = input.nextInt();
switch (bulan){
case 1:
case 3:
case 5:
case 7:
case 8:
case 10:
case 12:
System.out.print("Berarti jumlah hari dalam bulan "+ bulan +""
+ " dan tahun "+tahun+ " adalah 31");
break;
case 4:
case 6:
case 9:
case 11:
System.out.print("Berarti jumlah hari dalam bulan "+ bulan +" "
+ "dan tahun "+tahun+" adalah 30 ");
break;
case 2:
if ((tahun % 4 == 0) && !(tahun % 100 == 0))
System.out.print("Berarti jumlah hari dalam bulan "+ bulan +" adalah 29 ");
else
System.out.print("Berarti jumlah hari dalam bulan "+ bulan +" dan tahun "+tahun+" adalah 28 ");
break;
default:
System.out.println(" anda memasukkan bulan yang salah");
break;
}}}


Apabila dijalankan, maka muncul

Contoh 1:

Bulan berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 3

Tahun berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 2009

maka muncul 31.

Contoh 2:

Bulan berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 2

Tahun berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 2008

maka muncul 29. (Karena tahun 2008 adalah tahun kabisat, dapat dibagi 4 dan tidak dapat dibagi 100)

Contoh 3:

Bulan berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 2

Tahun berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 1900

maka muncul 28. (Karena tahun 1900 bukan kabisat karena dapat dibagi 4 dan dapat dibagi 100, kecuali tahun 2000, tahun 2000 adalah tahun kabisat pertama yang dapat dibagi 100)


Contoh 4:

Bulan berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 13

Tahun berapa yang anda mau ? ...

misalnya ketik 1998

maka muncul, anda memasukkan bulan yang salah. (Karena memasukkan bulan 13)

(Tapi kalau yg buat programnya seorang PNS mungkin ketika memasukkan bulan ke-13, terus muncul "terima gaji nih" :) :D )

HOW TO FIND HCF AND LCM OF TWO COMPOSITE NUMBERS?

5:02 AM Add Comment
HOW TO FIND HCF AND LCM OF TWO COMPOSITE NUMBERS ?

How to find Highest Common Factor and Least Common Multiple of two composite numbers?
For example, we want to find HCF and LCM of 16 and 36, from this factor tree animation below



we will get
HCF and LCM

Choose the smallest number for each set to find the HCF

so, HCF of 16 and 36 is 2^2=4.
And choose the highest number for each set to find the LCM

so, LCM of 16 and 36 is 2^4x3^2=144.

Or we can use the Venn Diagram below
hcf
Based on Venn Diagram above, we put 2, 2, 2, and 2 as the factors of 16, and put 2, 2, 3 and 3 as the factors of 36.

And the shaded pink region as common factors of 16 and 36
so, HCF of 16 and 36 is 2.2=4 (multiply only the common factors)
and LCM of 16 and 36 is 2.2.2.2.3.3=144 (multiply all factors togethers)



Lets learn maths. :)

PRIME AND COMPOSITE NUMBER

4:58 AM Add Comment
PRIME NUMBER

Prime number is a number that has only 2 factors e.g 1 and the number itself.

How to check a given number is prime or not?

*Example 1, is 331 a prime number or not?

To answer it, we have to do three following steps

Step 1. Find the square root of 331 by calculator, the result is 18.193

Step 2. List all prime number which less than 18.193. These prime numbers are

2,3,5,7,11,13,and 17.

Step 3. Divide 331 with all prime numbers that already listed from step 2

If one of these prime number could divide 331 exactly without reminder, we can conclude 331 is not prime number and vice versa.


*Example 2 , is 221 a prime number or not?

To answer it, we have to do three following steps

Step 1. Find the square root of 221 by calculator, the result is 14.866

Step 2. List all prime number which less than 14.866. These prime numbers are

2,3,5,7,11,and 13.

Step 3. Divide 221 with all prime numbers that already listed from step 2

If one of these prime number could divide 221 exactly without reminder, we can conclude 221 is not prime number and vice versa.

*Example 3, is 527 a prime number or not?

To answer it, we have to do three following steps

Step 1. Find the square root of 527 by calculator, the result is 22.95

Step 2. List all prime number which less than 22.95. These prime numbers are

2,3,5,7,11,13,17,and 19.

Step 3. Divide 527 with all prime numbers that already listed from step 2

If one of these prime number could divide 527 exactly without reminder, we can conclude 527 is not prime number and vice versa.


Okay, Now your turn to answer this questions :


1. Is 527 a prime number or not?

2. Is 331 a composite number or not?

3. What is the composite number?

4. What is the prime number?

5. How to check a number is prime number or not?

6. Is 323 a composite number or not?

7. Is the prime number is always odd number?

8. List the odd number which is not prime number?


COMPOSITE NUMBER

The composite number is a number that has more than 2 factors.

*Example 1. Number 9 is a composite number, because has 3 factors e.g 1,3 and 9

*Example 2. Number 15 is a composite number, because has 4 factors e.g 1,3,5 and 15

*Example 3. Number 21 is a composite number, because has 4 factors e.g 1,3,7 and 21

*Example 4. Number 27 is a composite number, because has 3 factors e.g 1,3,9 and 27

*Example 5. Number 35 is a composite number, because has 3 factors e.g 1,5,7 and 35

BUT


*Example 6. Number 2 is a NOT composite number, because only has 2 factors e.g 1 and 2

*Example 7. Number 5 is a NOT composite number, because only has 2 factors e.g 1 and 5

*Example 8. Number 7 is a NOT composite number, because only has 2 factors e.g 1 and 7

So, number 2,5 and 7 are examples of prime number.

How about number 1? Is number 1 prime number or composite number?

The answer is number 1 has only one factor, so it's not included as prime NOR composite number.

lets learn maths :) :D

SIAPA YANG LEBIH PINTAR DARI DUA ORANG INI?

9:19 AM 2 Comments



Menjelang acara tujuh belasan, ada dua orang ingin mencoba mengukur tinggi dari tiang bendera.
"Ayo kita ukur tinggi tiangnya" kata orang pertama sambil membawa meteran gulung yang biasa dipakai oleh tukang bangunan, dia mencoba menjulurkan meteran itu ke atas, tetapi meteran itu selalu jatuh dan jatuh lagi.
Lalu orang kedua berkata,
"Tidak usah begitu, tidurkan saja tiangnya lalu kita ukur panjangnya".

Langsung orang pertama menyanggah,
"Bodoh kamu, kita kan mau mengukur tingginya bukan panjangnya".


Orang kedua berpikir "????".

GURU PRIVAT MATEMATIKA, UNTUK SD, SMP, SMA, DAN PERGURUAN TINGGI, SIAP DATANG KE RUMAH

8:38 AM 2 Comments



Juga ada pesan yang masuk lewat email, ingin dipromosikan mengenai jasa guru privatnya

Guru Privat Matematika. Untuk SD,SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Siap datang ke rumah.

Silahkan menghubungi Jitu Halomoan (081219553697)

Kerjakan hal-hal biasa dengan cara yg luar biasa.

Blog ini hanya menyampaikan saja, apabila ada kepuasan atau keluhan dari pengguna jasa, bukan tanggung jawab blog ini.

Apabila ada yang ingin mempromosikan jasa guru privatnya, silahkan kirim lewat email atau berkomentar di bawah ini :) :D

ANIMASI MATEMATIKA, PECAHAN SEDERHANA UNTUK TK DAN SEKOLAH DASAR

9:18 AM Add Comment
ANIMASI MATEMATIKA, PECAHAN SEDERHANA UNTUK TK DAN SEKOLAH DASAR

SEGITIGA SAMA JUMLAH PADA SETIAP SISINYA

1:27 AM Add Comment
SEGITIGA SAMA JUMLAH PADA SETIAP SISINYA

Lihat bentuk segitiga di bawah ini:

segitiga sama

Isilah kotak-kotak kosongnya dengan angka 1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9. Tetapi setiap sisi harus mempunyai jumlah yang sama yaitu 17. Bagi yang bisa menjawab akan mendapat...... pertanyaan baru :) :D

DIALOG GURU DAN MURID TENTANG BILANGAN BULAT

12:52 AM 6 Comments


bulat
Murid : " Apa sih bilangan bulat itu , pak guru?"

Guru : " Semua bilangan dapat dikatakan sebagai bilangan bulat jika bilangan itu tidak ada tanda koma (,) dan pecahan."

Murid : "Oooh gitu."

Guru : " Sekarang bapak mau tanya, bilangan apa saja yang termasuk bilangan bulat?"

Murid : "1,2,3,4, dan seterusnya, pak guru?"

Guru : " Kalau -1,-2,-3,-4, dan seterusnya, apakah termasuk

bilangan bulat?"

Murid : " Ya, bilangan bulat negatif, pak guru, tapi nilainya semakin

mengecil."

Guru : " Bagus, sekarang kalau angka 0 termasuk bilangan bulat?"

Murid : " Ya, pak guru, liat aja bentuknya, bulat kan?"

Guru : " ??????? " (merenung) "Apa saya salah ngajar konsepnya?"

(tanya pak guru dalam hati).


referensi:

http://matematikasmpkelas7.blogspot.com/2011/11/pengertian-bilangan-bulat.html

CARA MENENTUKAN SUATU BILANGAN ITU PRIMA ATAU BUKAN

10:07 AM 4 Comments


bilangan prima
CARA MENENTUKAN SUATU BILANGAN ITU PRIMA ATAU BUKAN

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya mempunyai dua pembagi/faktor , yaitu 1 dan dirinya sendiri.
Lalu gimana caranya untuk menentukan bilangan itu prima atau bukan?

Misalnya, apakah 221 merupakan bilangan prima atau bukan?

pertama
Carilah akar dari 221, hasilnya 14,86606
kedua
Daftarkan bilangan prima yang kurang dari 14,86606, yaitu 2,3,5,7,11 dan 13
ketiga
Bagi 221 dengan bilangan-bilangan prima pada langkah kedua.
Ternyata 221 bisa dibagi oleh angka 13 tanpa sisa, hasilnya adalah 17.

Maka 221 bukan bilangan prima karena mempunyai 4 faktor/pembagi yaitu 1, 13, 17 dan 221.
Sehingga angka 221 adalah bilangan komposit, yang mempunyai lebih dari 2 faktor.

PEMBUKTIAN RUMUS INTEGRAL PARSIAL

1:16 AM 2 Comments
Yang namanya rumus integral parsial kayak gini kan?


integral parsial
Trus dapatnya dari mana nih rumus?

apabila ada dua fungsi u dan v





dan hasil kalinya adalah



maka turunannya adalah



Trus diintegralkan ruas kiri dan kanan



kemudian dikali semuanya dengan dx, menghasilkan



lalu dipindahkan



sehingga



atau ( sama aja)



dapat deh rumusnya :D :)


MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL SUBTITUSI

4:44 PM 2 Comments
MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL SUBTITUSI

Gimana cara menyelesaikan soal integral ini dengan cara subtitusi, bukan dengan cara parsial atau yang lainnya?



jawabnya:

dimisalkan x + 1 = p, maka x = p - 1
dx = dp
sehingga

lalu dijabarkan menjadi



lalu selesaikan ...... :)
maaf buru-buru.

BASIC ALGEBRA WORKSHEET WITH FRUIT PICTURES

4:13 PM 2 Comments
BASIC ALGEBRA WORKSHEET WITH FRUIT PICTURES
This worksheet contains simplify an algebraic expression and algebraic equations with fruit picture to engage students to understand the concept of algebra.

algebra worksheet for primary

DOWNLOAD THIS WORKSHEET HERE

ANIMASI RUMUS VOLUME BANGUN RUANG PRISMA (DALAM HAL INI TABUNG)

10:19 PM Add Comment
ANIMASI RUMUS VOLUME BANGUN RUANG PRISMA (DALAM HAL INI TABUNG)


Animasi ini dapat juga digunakan untuk memahami konsep rumus volume bangun ruang prisma . Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bidang segi banyak (segi n) yang sejajar dan kongruen serta bidang-bidang tegak yang menghubungkan bidang segi banyak tersebut. Dalam hal tabung, maka dibatasi oleh dua bidang berupa lingkaran.



Dalam animasi ini, digambarkan luas alas yang berupa lingkaran, ditumpuk terus menerus sehingga menjadi tabung. Maka terbentuklah rumus volume tabung yang termasuk bangun ruang prisma .

Silahkan download animasi rumus volume bangun ruang prisma (dalam hal ini tabung) di sini

ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

7:49 AM 1 Comment

ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

Neural Network diilhami oleh jaringan syaraf biologis yang mencoba untuk membangun dan menguji secara komputasi analogi-analogi dari syaraf. Neural Network adalah suatu himpunan unit-unit input/output yang terhubung, dan pada setiap koneksinya terdapat bobot (Han & Kamber, 2006). Komputer mencoba untuk mensimulasikan jaringan syaraf biologis dengan mengimplementasikan Neural Network (Heaton, 2008).
Neuron- neuron di dalam otak manusia mempunyai keterhubungan, yang dinamakan sinapsis, semuanya beroperasi secara paralel. Di dalam komputer, prosesor adalah aktif dan memorinya tersebar dan pasif, tetapi diyakini di dalam otak, baik prosesor maupun memori didistribusikan secara bersamaan ke semua jaringan. Pemrosesan dilakukan oleh neuron-neuron, dan memori terdapat di dalam sinapsis di antara neuron-neuron (Alpaydin, 2010). Neural Network berguna untuk memecahkan persoalan yang berkaitan dengan pengenalan pola, klasifikasi, prediksi dan data mining (Heaton, 2008).

Penelitian di bidang neural network setua komputer digital. McCulloch dan Pitts (1943) mengemukakan model matematika pertama untuk neural network. Rosenblatt (1962) mengemukakan model perceptron dan algoritma pembelajaran pada tahun 1962 (Alpaydin, 2010). Minsky dan Papert (1969) menunjukkan keterbatasan single layer perceptron untuk menyelesaikan masalah yang nonlinearly separable. Kemudian Rumelhart, Hinton, and Williams (1986) mempresentasikan algoritma Backpropagation untuk multilayer perceptron yang dapat menyelesaikan masalah yang nonlinearly separable (Han & Kamber, 2006).

Artificial Neural Network terdiri dari kumpulan node (neuron) dan relasi. Ada tiga tipe node (neuron) yaitu, input, hidden dan output. Setiap relasi menghubungkan dua buah node dengan bobot tertentu dan juga terdapat arah yang menujukkan aliran data dalam proses (Kusrini & Luthfi, 2009).

Input node terdapat pada layer pertama dalam neural network. Secara umum setiap input node merepresentasikan sebuah input parameter seperti umur, jenis kelamin, atau pendapatan. Hidden node merupakan node yang terdapat di bagian tengah. Hidden node ini menerima masukan dari input node pada layer pertama atau dari hidden node dari layer sebelumnya. Hidden node mengombinasikan semua masukan berdasarkan bobot dari relasi yang terhubung, mengkalkulasikan, dan memberikan keluaran untuk layer berikutnya. Output node mempresentasikan atribut yang diprediksi (Kusrini & Luthfi, 2009).


Download Selengkapnya di ARTIFICIAL NEURAL NETWORK.rar

KLASIFIKASI "TERJADINYA PERCERAIAN ATAU TIDAK" DENGAN ALGORITMA C4.5

9:57 AM 2 Comments
KLASIFIKASI "TERJADINYA PERCERAIAN ATAU TIDAK" DENGAN ALGORITMA C4.5

Kalau diberikan dataset seperti ini, data ini hanyalah fiktif belaka, apabila ada kesamaan sifat dan perilaku dengan dataset ini, mohon dimaafkan hehe... :)

perceraian

Dari tabel di atas, akan dibuat pohon keputusan untuk menentukan apakah "terjadi perceraian atau tidak" dengan melihat atribut-atribut komunikasi, hubungan sex, tempat tinggal dan saling membantu/melayani.
Dan ternyata setelah dibangun dengan algoritma C4.5, maka terbentuk pohon keputusan seperti ini :

algoritma C4.5

Pohon keputusan di atas hanyalah pohon dengan aturan-aturan klasifikasi yang dibuat manusia seperti saya, dengan dataset fiktif yg dibuat sendiri oleh penulis, artinya aturan klasifikasi yang sebenarnya hanyalah Tuhan Yang Maha Tahu. Penulis hanya ingin belajar, gimana sih algoritma C4.5 itu? itu thok!! hehe..

Untuk selengkapnya bisa didownload di sini

APLIKASI RENTAL KENDARAAN DENGAN JAVA

8:24 PM 7 Comments
APLIKASI RENTAL KENDARAAN DENGAN JAVA


Akhirnya selesai juga pembuatan aplikasi rental kendaraan ini setelah begadang beberapa malam, tetapi masih banyak kelemahan dan butuh disempurnakan lagi. (yaah namanya masih belajar bikin aplikasi :) )

aplikasi penyewaan java


DOWNLOAD APLIKASI RENTAL KENDARAAN INI DI SINI

STRUKTUR POHON KEPUTUSAN MENURUT JIAWEI HAN DAN MICHELINE KAMBER

3:51 AM 4 Comments
STRUKTUR POHON KEPUTUSAN MENURUT JIAWEI HAN DAN MICHELINE KAMBER


A decision tree is a flowchart-like tree structure, where each internal node (nonleaf node) denotes a test on an attribute, each branch represents an outcome of the test, and each leaf node (or terminal node) holds a class label. The topmost node in a tree is the root node.
(Han, J., & Kamber, M. (2006). Data Mining Concept and Tehniques. San Fransisco: Morgan Kauffman.)

Kalau diterjemahkan menjadi:

Pohon keputusan itu mirip sebuah struktur pohon dimana terdapat node internal yang mendeskripsikan atribut-atribut, setiap cabang menggambarkan hasil dari atribut yang diuji, dan setiap daun (terminal node) menggambarkan kelas. Node tertinggi disebut akar.

Konsep tentang struktur pohon keputusan harus dipahami supaya tidak membingungkan dan selalu meletakkan kelas pada daun, bukan pada node internal.

Pohon keputusan dibangun untuk membuat aturan klasifikasi dari beberapa atribut yang diasosiasikan ke dua kelas atau lebih melalui perhitungan entropy dan information gain, serta perhitungan seleksi atribut lainnya.
pohon keputusan
dari gambar di atas dapat dijelaskan:
A decision tree for the concept buys computer, indicating whether a customer at AllElectronics is likely to purchase a computer. Each internal (nonleaf) node represents a test on an attribute. Each leaf node represents a class (either buys computer = yes or buys computer = no).
(Han, J., & Kamber, M. (2006). Data Mining Concept and Tehniques. San Fransisco: Morgan Kauffman.)

Kalau diterjemahkan menjadi :
Sebuah pohon keputusan dg konsep membeli komputer, mengindikasikan apakah pelanggan di AllElectronics membeli komputer atau tidak. Setiap node internal mewakili pengujian pada atribut . Setiap node daun (terminal) mewakili kelas (buys computer = yes atau buys computer = no)

Dari pohon keputusan di atas maka didapatkan aturan klasifikasi sebagai berikut :

R1: IF age = youth AND student = no THEN buys computer = no
R2: IF age = youth AND student = yes THEN buys computer = yes
R3: IF age = middle aged THEN buys computer = yes
R4: IF age = senior AND credit rating = excellent THEN buys computer = yes
R5: IF age = senior AND credit rating = fair THEN buys computer = no

semoga bermanfaat.

Silahkan Copy Paste sepuasnya, dengan mencantumkan link blog saya

Bagi anda yang ingin menyumbangkan artikel, lembar kerja, animasi matematika dan IPA serta pemrograman JAVA silahkan kirim ke fatahrohmani@gmail.com saya akan tampilkan dengan linknya (apabila memiliki blog/website) dan tidak mengandung SARA & pornografi

update lewat email

Update terus blog ini lewat email:

Delivered by FeedBurner

PageRank Checking Icon

Academics INDONESIAN BLOGGERMy ZimbioAcademics Blogs

math worksheets|pemrograman java|guru privat|guru privat matematika|animasi matematika|math animation|game matematika|game|math lesson plan|RPP matematika|animasi fisika|aplikasi kalkulator java|rumus sd|rumus matematika sd|mewarnai|desain sertifikat|permainan outbound